0

RPPH PAUD/TK Semester 1 dan 2 Semua Tema Menggunakan Kurikulum 2013 ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Setiap pendidikan wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH/ RKH) sebagai perencanaan mengajar dikelas. Dalam penyusunan RPPH terdiri atas beberapa bagian penting yang harus dimuat dan disini anda bisa mempelajarinya secara lengkap.

RPPM PAUD/TK 2018 ini juga sebagai bahan persiapan lembaga dalam memnuhi Bukti Fisik Akreditasi PAUD Standar Isi dan Standar Proses khususnya poin 3.1.3.1 tentang Program PAUD seharusnya memiliki Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang memuat berbagai aspek.



RPPH PAUD/TK Semester 1 dan 2 Semua Tema Menggunakan Kurikulum 2013


Berikut bagian-bagian penting dalam penyusunan RPPK PAUD/TK khususnya menggunakan Kurikulum 2013.


Download RPPH PAUD/TK Semester 1 dan Semester 2 Lengkap dan Terbaru



A. Identitas RPPH PAUD
  • Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
  • Semester /bulan/minggu yang keberapa
  • Hari/tanggal
  • Tema / Sub Tema / Sub-sub Tema diambil dari tema/sub tema/sub-sub tema yang disusun di program semester.
  • Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran.


B. Materi RPPH
  • Materi diambil dari materi di telah dijabarkan di RPPM
  • Materi sejalan dengan tujuan yang telah dituliskan di atasnya

C. Alat dan Bahan
  • Alat dan bahan sangat terkait dengan kegiatan yang akan dikelola guru pada hari itu.
  • Kegiatan diambil dari beberapa rencana kegiatan yang ada di RPPM.
  • Kegiatan yang ditetapkan tergantung pada pengelolaan model pendekatan yang digunakan di satuan PAUD tersebut.
  • Alat dan bahan di tata untuk menarik minat belajar anak.


D. Kegiatan Pembukaan
  • Kegiatan pembukaan ditujukan untuk membantu membangun minat anak agar anak siap bermain di kegiatan inti.
  • Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran.
  • Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan, aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.


E. Kegiatan Inti
  • Proses belajar menerapkan pendekatan saintifik yakni anak mengamati sesuai dengan tema yang dibahas, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.
  • Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan secara lebih fleksibel dan lebih luas. Artinya bisa diterapkan di dalam ruangan, di luar ruangan, menggunakan sumber belajar yang ada, atau memanfaatkan sumber belajar lingkungan.
  • Kegiatan Inti memberi kesempatan anak untuk berakplorasi membangun pengalaman bermain yang bermakna.
  • Pada tahap mengomunikasikan ditekankan pada anak menyampaikan gagasannya melalui berbagai kegiatan bermain yang disiapkan.
  • Kegiatan bermain disesuaikan dengan model pembelajaran sentra/area/sudut/ kelompok dengan kegiatan pengaman.
  • Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan yang berbeda untuk memfasilitasi anak agar tetap fokus bermain. Pada kegiatan tertentu misalnya memasak, main peran/drama, atau pengenalan sain guru dapat menyediakan 1 kegiatan saja.
  • Penguatan mengingat (recalling) merupakan bagian dari kegiatan main di Inti. Recalling untuk menguatkan kembali pengalaman bermain dan konsep yang dipelajari anak.

F. Kegiatan Penutup
  • Kegiatan penutup dilakukan di akhir kegiatan hari tersebut.
  • Kegiatan penutup berupa transisi dari sekolah ke rumah. Diisi dengan berbagai kegiatan yang membuat anak rileks.
  • Di kegiatan penutup dapat mengulang kembali apa yang dilakukan pada saat kegiatan pembukaan.
  • Kegiatan penutup juga dapat isii dengan kegiatan rutin untuk memperkuat sikap yang diharapkan.
  • Kegiatan penutup dilakukan untuk menarik minat anak belajar esok harinya.


G. Rencana Penilaian
  • Indikator perkembangan mengacu pada indikator yang tertuang pada lampiran Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD dan dapat diperkaya oleh satuan Satuan PAUD sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan kekhasan lembaga.
  • Indikator penilaian disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran.
  • Indikator penilaian sudah dikelompokkan ke dalam program pengembangan untuk memudahkan dalam penyusunan laporan.
  • Format rencana penilaian tidak bersifat baku. Contoh rencana penilaian dapat dipelajari pada contoh RPPH di halaman berikut.




File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan RPPH PAUD/TK Semester 1 dan 2 Semua Tema Menggunakan Kurikulum 2013 ini dapat membantu anda dalam proses akreditasi khususnya pada kungjungan (visitasi) oleh Asessor. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Cari file Administrasi PAUD/TK/RA/KB/TPA yang anda butuhkan melalui kotak pencarian dibagian kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top