0

Buku Materi Parenting PAUD Lengkap ini merupakan update terbaru yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Yang dimaksud dengan Parenting dalam dunia pendidikan anak usia dini yakni upaya pendidikan yang dilaksanakan orang tua dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di sekitar lingkungan atau dalam keluarga dalam berbentuk belajar secara mandiri.

Buku Materi Parenting PAUD Lengkap

Jenis-jenis Program Parenting PAUD :

1. Parents Gathering

Parents Gathering adalah pertemuan orang dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh panitia program parenting guna membicarakan tentang program-program lembaga PAUD dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak di keluarga dalam rangka menumbuh-kembangkan anak secara optimal. Materi dalam pertemuan dapat berbagai hal tentang kebutuhan tumbuh-kembang anak, misalnya : tentang gizi dan makanan, tentang kesehatan, tentang pendidikan karakter, penyakit pada anak, dan sebagainya.

2. Foundation Class
Foundation Class, adalah pembelajaran bersama anak dengan orang tua di awal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan disekolah. Di laksanakan pada minggu-minggu pertama anak-anak masuk sekolah di tahun baru.

3. Seminar
Seminar adalah kegiatan dalam rangka program parenting, yang dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan seminar. Misalnya dengan mengundang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, psikolog, dan lain-lain

4. Hari Konsultasi
Hari Konsultasi adalah hari konsultasi untuk orang tua yang dapat disediakan atau dibuka oleh lembaga PAUD. Jumlah hari yang disediakan sesuai dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.

5. Field Trip
Field Trip adalah darmawisata, kunjungan wisata, atau kunjungan ke tempat-tempat yang menunjang kegiatan pembelajaran PAUD. Kegiatan kunjungan dilakukan bersama dengan orang tua. Misalnya kunjungan ke museum, kunjungan ke Bandar Udara, Pelabuhan, atau tempat-tempat lain yang sesuai dengan tema dalam pembelajaran.

6. Home Activities
Home Activities Adalah aktifitas di rumah di bawa ke sekolah, yaitu membawa orang tua untuk menginap di sekolah, bisa dengan melakukan kegiatan perkemahan di lapangan apabila di sekolah tidak mampu menyediakan tempat menginap.

7. Cooking on The Spot
Cooking on The Spot Adalah anak-anak belajar masakan, menyajikan makanan dengan bimbingan guru atau bersama dengan orang tua.

8. Bazar Day
Bazar Day Adalah menyelenggarakan bazar di lembaga PAUD. Anak-anak menampilkan karyanya yang dijual pada orang tua atau umum.

9. Mini Zoo
Mini Zoo adalah menyelenggarakan kebun binatang mini disekolah, yaitu anak-anak membawa binatang kesayangan atau binatang peliharaan dari rumah ke lembaga PAUD.

10. Home Education Video
Home Education Video adalah mengirimkan kegiatan pembelajaran anak-anak di lembaga PAUD pada orang tua dalam keping CD/DVD, agar dapat disaksikan dan dipelajari juga oleh orang tua di rumah.


Tahapan Pembuatan Program Parenting :

1. Melakukan identifikasi kebutuhan orang tua;

2. Membantuk kepanitiaan parenting yang melibatkan komite sekolah;

3. Membuat job deskripsi masing-masing bagian;

4. Menyusun program;

5. Menyusun jadwal kegiatan;

6. Mengidentifikasi potensi dan mitra pendukung;

7. Melaksanakan program sesuai dengan agenda;

8. Melakukan evaluasi dan kesepakatan bersama;


Buku Materi Parenting PAUD Lengkap

Download Buku Parenting PAUD Materi KDRT dan Kekerasan Anak

Download Buku Parenting PAUD Materi Cara Jitu Menjawab Pertanyaan Anak

Download Buku Parenting PAUD Materi Anak Berkebutuhan Khusus

Download Buku Parenting PAUD Materi Anak Usia Dini dan Saudara Kandung

Download Buku Parenting PAUD Materi Mengenalkan Jagung Makanan Alternatif

Download Buku Parenting PAUD Materi Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun

Download Buku Parenting PAUD Materi Perkembangan Gerak Anak Usia 2-4 Tahun

Download Buku Parenting PAUD Materi Anak Usia 0-2 Tahun Terampil Bergerak


Download Juga !!!


File tersebut di atas tersimpan di Google Drive dengan demikian akan sangat terjamin keamanannya, terhindar dari infeksi virus seperti malware dan adware.
Software Pendukung: Microsoft Excel [xlsx] | Microsoft Word [docx] | [pdf]
Sosmed : Facebook | Google Plus | Twitter

Diharapkan dengan Buku Materi Parenting PAUD Lengkap ini dapat membantu anda dalam proses akreditasi khususnya pada kungjungan (visitasi) oleh Asessor. Kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Cari file Administrasi PAUD/TK/RA/KB/TPA yang anda butuhkan melalui kotak pencarian dibagian kanan atas blog ini.

Posting Komentar

 
Top